Pentingnya "Goal Setting" dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan

Pentingnya Goal Setting dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan

Artikel Karier - Menentukan Sasaran dalam Pemimpinan: Pentingnya "Goal Setting" dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Di era modern ini, kesuksesan perusahaan tidak hanya ditentukan oleh target keuntungan atau angka penjualan saja.

{getToc} $title={Table of Contents} $count={Boolean} $expanded={Boolean}

Faktor lain seperti proses bisnis, pelayanan pelanggan, dan pembelajaran manusia juga memiliki peran penting. Di sinilah peran seorang pemimpin menjadi sangat krusial.

Peran Pemimpin dalam Menentukan Sasaran

Seorang pemimpin yang efektif mampu mengatur ambisinya untuk menentukan titik akhir dari lomba dimana timnya berperan serta.

Tugasnya adalah menggambarkan "Point Mark" yang spesifik dan terukur, serta bisa dimengerti oleh seluruh anggotanya, dan bahkan bisa dijadikan obsesi oleh anggota timnya untuk menentukan "Goal Setting".

Namun, menentukan sasaran yang tepat bukanlah hal yang mudah. "Goal Setting" membutuhkan keberanian untuk mengambil keputusan secara tepat dan akurat, tanpa mengesampingkan faktor-faktor yang bertentangan dengan kebijakan perusahaan.

Tantangan dalam Menentukan Sasaran

Saat ini, sangat sulit menemukan seorang pemimpin yang mampu menentukan "Goal Setting" secara tepat. Banyak pemimpin, meskipun pandai, segan untuk merencanakan sasaran secara konkret dan mendetail.

Di satu sisi, mempublikasikan sasaran ini akan mendorong anak buah untuk mengejar sasarannya. Sebaliknya, bila sasaran tidak tercapai, hasilnya pun akan serta merta menampar muka sang pemimpin.

Kesimpulan

"Goal Setting" bukan merupakan sebuah ancaman tetapi lebih ke target yang harus direncanakan untuk dicapai. Ketakutan akan kegagalan ini bisa membuat sasaran atau target menjadi kabur dan sulit dicapai.

Oleh karena itu, seorang pemimpin harus terus belajar dan terbuka terhadap perubahan yang terjadi.

Saya tunggu masukan dan saran Anda di kolom komentar. Saran dan kritik sangat membantu saya untuk makin mengembangkan ilmu yang kebetulan saya miliki, dan semoga bisa bermanfaat untuk pembaca. Salam sukses selalu.