Motivasi Kerja: Uang atau Karir? - Panduan untuk Fresh Graduate

Artikel Karier - Motivasi Kerja: Uang atau Karir? - Panduan untuk Fresh Graduate. Saat interview, pertanyaan tentang motivasi kerja seringkali muncul. Bagi fresh graduate, ini bisa menjadi tantangan tersendiri. Apakah jawaban yang tepat adalah uang? Atau karir?

{getToc} $title={Table of Contents} $count={Boolean} $expanded={Boolean}

Jawaban Terbanyak: Uang

Jawaban terbanyak dari pelamar ketika ditanya mengenai motivasi kerja adalah "Karena saya butuh uang, Pak." Namun, jawaban ini bisa memberikan kesan seolah-olah pelamar mengemis dan ingin dikasihani.

Perusahaan mencari karyawan yang tangguh dan bisa diandalkan untuk membawa keuntungan bagi mereka atau memajukan perusahaan.

Respon HRD dan Trauma

Ada momen ketika HRD merespon jawaban tersebut dengan, "Kalau mau nyari uang, kenapa nggak ngamen aja? Lebih enak, ngamen langsung dapat uang. Kalau kerja di sini, kamu harus kerja dulu sebulan baru dapat uang."

Sejak hari itu, banyak pelamar yang menjadi trauma untuk memberikan jawaban yang serupa.

Menemukan Jawaban yang Tepat

Namun, jangan khawatir. Masih banyak kesempatan lain. Jawaban yang bisa membuat feedback HRD menjadi positif dan berhasil adalah dengan membagi motivasi kerja menjadi dua aspek, yaitu aspek kebutuhan dan keinginan.

Aspek Kebutuhan dan Keinginan

Aspek kebutuhan adalah keinginan untuk bekerja agar memenuhi kebutuhan hidup, menghidupi diri sendiri, bahkan sangat bahagia rasanya jika penghasilan yang diperoleh dari bekerja bisa menghidupi orang lain.

Sedangkan yang dimaksud dengan keinginan adalah keinginan untuk meningkatkan kualitas diri melalui pekerjaan.

Melalui sebuah kebijakan dan aturan dari perusahaan, seseorang bisa membentuk atau meningkatkan rasa tanggung jawab, kejujuran, dan kedewasaan dalam bersikap.

Kesimpulan

Motivasi kerja bukan hanya tentang uang atau karir, tetapi juga tentang bagaimana kita bisa tumbuh dan berkembang sebagai individu melalui pekerjaan yang kita lakukan.

Jadi, saat ditanya tentang motivasi kerja, pikirkanlah secara matang dan berikan jawaban yang paling mencerminkan diri Anda.